RPP Kelas X semester 1

 

RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN

IKATAN  KIMIA

1.      IDENTITAS MATA PELAJARAN

a.       Nama Sekolah                : SMA N 1 BANYUDONO

b.      Kelas                              :  X

c.       Semester                         : 1

d.      Program                          : —

e.       Mata Pelajaran               :  Kimia

f.       Jumlah Pertemuan          :  5x pertemuan (10 x 45 menit)

2.      STANDAR KOMPETENSI

1. Memahami struktur atom, sifat-sifat periodik unsur, dan ikatan kimia

3.      KOMPETENSI DASAR

1.2.      Membandingkan proses pembentukan ikatan ion, ikatan kovalen, ikatan kovalen koordinat dan ikatan logam, serta hubungannnya dengan sifat fisika senyawa yang terbentuk.

4.      INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

a.       Menjelaskan kecenderungan suatu unsur untuk mencapai kestabilannya.

b.      Menggambarkan susunan elektron valensi atom gas mulia (duplet dan oktet) dan elektron valensi bukan gas mulia (struktur Lewis).

c.       Menjelaskan  proses terbentuknya ikatan ion.

d.      Menjelaskan proses terbentuknya ikatan kovalen tunggal, rangkap dua, dan rangkap tiga.

e.       Menjelaskan sifat-sifat senyawa ion dan sifat-sifat senyawa kovalen

f.       Menjelaskan  proses terbentuknya ikatan kovalen koordinasi pada beberapa senyawa.

g.      Menyelidiki kepolaran beberapa senyawa dan hubungannya dengan keelektronegatifan.

h.      Mendeskripsikan proses pembentukan ikatan logam dan hubungannya dengan sifat fisik logam.

i.        Mengubungkan sifat fisik materi dengan jenis ikatannya

5.      TUJUAN PEMBELAJARAN

Siswa dapat,

a.       Menjelaskan kecenderungan suatu unsur untuk mencapai kestabilannya dengan melepaskan atau menerima elektron.

b.      Menggambarkan susunan elektron valensi unsur sesuai dengan aturan duplet dan oktet(struktur Lewis).

c.       Menjelaskan  proses terbentuknya ikatan ion.

d.      Menjelaskan proses terbentuknya ikatan kovalen baik ikatan kovalen tunggal, rangkap dua, dan rangkap tiga.

e.       Menjelaskan sifat-sifat yang dimiliki oleh senyawa ion dan senyawa kovalen baik sifat fisik maupun non fisik.

f.       Menjelaskan  proses terbentuknya ikatan kovalen koordinasi pada beberapa senyawa sederhana.

g.      Mendeskripsikan proses pembentukan ikatan logam dan hubungannya dengan sifat fisik logam.

h.      Menghubungkan sifat fisik dari suatu materi dengan jenis ikatan yang terjadi.

 

6.      MATERI AJAR

Ikatan Kimia

o   Ikatan ion

Merupakan ikatan yang terjadi akibat serah terima elektron. Ikatan ini terjadi antara logam dan nonlogam.

o   Ikatan Kovalen (Kepolaran senyawa)

Merupakan ikatan yang terjadi akibat pemakaian bersama pasangan elektron. Ikatan ini terjadi antar sesama unsur nonlogam.

o   Ikatan Kovalen Koordinasi

Merupakan ikatan kovalen yang terjadi karena pasangan elektron yang digunakan bersama berasal dari salah satu atom unsur yang berikatan.

o   Ikatan logam

Merupakan ikatan yang terjadi karena adanya elektronelektron bebas dalam logam.

7.      ALOKASI WAKTU

            10 x 45 menit (5 x pertemuan)

8.      METODE PEMBELAJARAN

·         Numbered Heads Together

·         CIRC

·         Think Pair Share

·         Think Talk Write

·         Ceramah / penyampaian informasi.

·         Diskusi

·         Penugasan

9.      KEGIATAN PEMBELAJARAN

Pertemuan pertama (2×45 menit)

Metode Pembelajaran: NHT

No.

Kegiatan Pembelajaran

Waktu (menit)

Aspek Life Skill Yang dikembangkan

1.

Pendahuluan

Penyampaian tujuan pembelajaran dari materi ikatan kimia

Pemberian apersepsi:

3

·     Disiplin

·     Keterampilan menyimak informasi

2.

Kegiatan Inti

a.       Penyampaian materi pembelajaran oleh guru yang berupa:

·         Kecenderungan unsur yang dapat melepaskan atau menerima elektron untuk mencapai kestabilan

·         Gambar susunan elektron valensi unsur sesuai dengan aturan duplet dan oktet(struktur Lewis).

b.      Pembagian siswa dalam kelompok, memberi nomor pada masing-masing siswa 1-4 sehingga tiap siswa dalam kelompok memiliki nomor berbeda

c.       Eksplorasi

Pemberian soal-soal pada siswa setiap kelompok dan masing-masing anggota kelompok saling bekerjasama untuk mengerjakan soal

d.      Elaborasi

Penyebutan salah satu nomor siswa oleh Guru yang mendapat giliran untuk mengerjakan soal yang telah diberikan di depan kelas.

e.       Konfirmasi

Pemberian umpan balik kepada siswa dan pemberian kesempatan kepada siswa untuk bertanya.

 

 

20

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

 

 

 

 

 

20

 

 

 

 

 

30

 

 

 

 

 

10

 

 

 

·      Kemampuan menyimak dan menerima informasi

·      Kerjasama

·      Kesungguhan

·      Disiplin

·      Manajemen waktu

3.

Penutup

Penarikan kesimpulan oleh siswa dibantu guru.

 

2

Eksistensi diri

 

Pertemuan kedua (2×45 menit)

No.

Kegiatan Pembelajaran

Waktu (Menit)

Aspek Life Skill Yang dikembangkan

1.

Pendahuluan

Penyampaian tujuan pembelajaran

Apersepsi: flash back materi sebelumnya yang berkaitan dengan kestabilan unsur dan struktur Lewis sesuai aturan duplet dan octet.

 

3

 

·       Kemampuan menyimak informasi

·       Disiplin

2.

Kegiatan inti

a.    Pembentukan kelompok yang beranggotakan 4 orang secara heterogen (campuran menurut prestasi, jenis kelamin, suku, dll)

b.   Penyajian pelajaran yang berkaitan dengan:

·         Proses terbentuknya ikatan ion.

·         Proses terbentuknya ikatan kovalen baik ikatan kovalen tunggal, rangkap dua, dan rangkap tiga.

c.    Eksplorasi

Guru memberi tugas kepada kelompok untuk dikerjakan oleh anggota-anggota kelompok.

d.   Elaborasi

Anggota kelompok yang sudah mengerti dapat  menjelaskan pada anggota lainnya sampai semua anggota dalam kelompok itu mengerti.

e.    Pemberian kuis/pertanyaan oleh guru kepada seluruh siswa.

 

7

 

 

 

30

 

 

 

 

 

 

 

 

20

 

 

 

15

 

 

 

 

 

10

 

 

·       Kerjasama

·       Kemampuan berkomunikasi

·       Kemampuan visual

·       Kemampuan mengolah informasi

·       Kemampuan analisis

3.

Penutup

Pemberian evaluasi

Penarikan kesimpulan

 

5

 

Kemampuan menyimak informasi

 

Pertemuan ketiga (2x 45 menit)

Metode Pembelajaran: CIRC (C)

No.

Kegiatan Pembelajaran

Waktu (menit)

Aspek Life skill Yang dapat dikembangkan

1.

Pendahuluan

a.    Penjelasan tujuan pembelajaran

b.   Apersepsi: memberikan beberapa contoh senyawa kovalen yang mempunyai sifat kepolaran yang berbeda. Misalnya:

 

3

 

·      Kemampuan menangkap informasi

·      Kemampuan menganalisis

·      Disiplin

2.

Kegiatan Inti

a.    Pembentukan kelompok yang anggotanya 4 orang yang secara heterogen

b.   Pemberian wacana sesuai dengan topik pembelajaran yang berisi:

o  Sifat kepolaran senyawa kovalen

o  Sifat-sifat yang dimiliki oleh senyawa ion dan senyawa kovalen.

c.    Eksplorasi

Siswa bekerja sama saling membacakan dan menemukan ide pokok dan memberi tanggapan terhadap wacana dan ditulis pada lembar kertas

d.   Elaborasi

Presentasi hasil diskusi kelompok

e.    Konfirmasi

Penyamaan konsep yang dipimpin oleh guru

 

2

 

 

5

 

 

 

25

 

 

 

35

 

 

15

 

·      Kemampuan membaca scaning

·      Kemampuan berkomunikasi

·      Kerjasama

·      Disiplin

 

3.

Penutup

Penarikan kesimpulan oleh siswa dibantu guru

Pemberian tugas

 

5

 

Kemampuan menyimak informasi

Pertemuan keempat (1x 45 menit)

Metode pembelajaran : ceramah interaktif dengan latihan soal

No.

Kegiatan Belajar

Waktu (Menit)

Aspek Life Skill yang dikembangkan

1.

Pendahuluan

·         Penjelasan mengenai tujuan pembelajaran

·         Apersepsi: sedikit mengulang kembali tentang jenis-jenis senyawa kovalen.

 

2

3

 

 

·      Kemampuan mengigat informasi yang telah diberikan

·      Disiplin

·      Percaya diri

2.

Kegiatan inti

a.    Guru menjelaskan materi tentang pembentukan senyawa kovalen koordinasi

b.   Guru memberikan latihan-latihan soal tentang materi senyawa kovalen koordinasi

c.    Siswa saling berdiskusi tentang soal yang telah diberikan

d.   Guru menunjuk beberapa siswa untuk mengerjakan soal didepan kelas kemudian dikoreksi bersama.

e.    Memberikan kesempatan kepada siswa terhadap materi yang telah dipelajari dan belum dipahami.

 

10

 

 

2

 

 

10

 

10

 

 

 

5

 

·      Kemampuan menerima informasi

·      Kemampuan menganalisis

·      Kemampuan verbal

·      Percaya diri

3.

Penutup

Penarikan kesimpulan oleh siswa dibimbing oleh guru.

 

 

3

 

Pengungkapan kembali atas informasi yang telah diperoleh

 

Pertemuan kelima (2x 45 menit)

Metode Pembelajaran: TTW (Think Talk Write)

No.

Kegiatan Pembelajaran

Waktu (Menit)

Aspek Life Skill yang Dikembangkan

1.

Pendahuluan

Penyampaian tujuan pembelajaran

3

·      Kemampuan menyimak informasi

·      Disiplin

 

2.

Kegiatan inti

a.    Pembagian siswa kedalam beberapa kelompok

b.   Setiap kelompok bertugas untuk membaca dan memahami bacaan/meateri yang dipelajari yang berupa materi:

·      Perbandingan sifat ikatan ion dan senyawa kovalen

·      Pembentukan ikatan logam

c.    Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya

d.   Setiap kelompok menuliskan hasil diskusinya dan dikumpulkan kepada guru

 

2

 

30

 

 

 

 

 

 

40

 

 

10

 

 

·      Kemampuan membaca scaning

·      Kemampuan berkomunikasi

·      Kerjasama

·      Disiplin

 

3.

Penutup

Penarikan kesimpulan bersama oleh guru dan siswa

5

·      Kemampuan menyampaikan informasi

·      Kepercayaan diri

Pertemuan kelima (2×45 menit)

Ulangan Harian

10.  Sumber Belajar

ü  Buku Kimia; Michael Purba.2006.KIMIA Untuk SMA Kelas X.Jakarta: Erlangga.

ü  Modul

11.  PENILAIAN

a.       Individu

b.      Kelompok

Soal Uraian:

Pertemuan Pertama

1.      Mengapa unsur membentuk ikatan ?

2.      Mengapa unsur gas mulia bersifat stabil?

3.      Bagaimana kecenderungan atom-atom mencapai kestabilan ?

 

Pertemuan Kedua

1.           Gambarkan rumus Lewis dan hitung jumlah pasangan elektron yang digunakan bersama dalam molekul-molekul berikut :

a. CS2                  b. H2S              c. NH3             d. HCN                       e. H2O

2.           Jelaskan perbedaan proses pembentukan ikatan ion, ikatan kovalen dan ikatan kovalen koordinasi!

Pertemuan Ketiga

1.            Sebutkan perbedaan antara senyawa ionik dan senyawa kovalen

2.            Jelaskan dengan menyertakan contoh, perbedaan atara ikatan polar dengan molekul polar

3.            Mengapa CO­2 bersifat non polar ? Jelaskan !

4.            Jelaskan pembentukan Ikatan Kovalen Koordinat

a.       antara BF3 dengan PH3 membentuk BF3PH3

b.      antara H2O dengan H+ membentuk H3O+

 

Pertemuan Ketiga

1.      Mengapa logam dapat menghantarkan listrik jauh lebih baik daripada non logam !

2.      Apa yang dimaksud dengan ikatan logam !

3.      Jelaskan akibat dari adanya delokalisasi elektron valensi pada unsur logam ?

 

 

 

 

 

Mengetahui :  

Kepala Sekolah                                                                                   Guru Mata Pelajaran Kimia

 

 

 

___________________________                                                      ______________________

Drs. Ageng                                                                                          Dyah Wulandari

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s