RPP Semster 2 kelas X

RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

                                                Mata Pelajaran            : KIMIA

Kelas / Semester          : X/ 2

Pertemuan ke-             : 1 s/d 2

Alokasi Waktu            : 3 x 45’

Standar Kompetensi          :  3. Memahami sifat-sifat larutan non elektrolit dan elektrolit, serta reaksi oksidasi-reduksi.

Kompetensi Dasar              : 3.1. Mengidentifikasi sifat larutan non-elektrolit dan elektrolit berdasarkan data hasil percobaan.

Indikator                              :

  • Menentukan sifat-sifat –sifat larutan non-elektrolit melalui percobaan
  • Mengelompokkan larutan kedalam larutan non-elektrolit dan elektrolit berdasarkan sifat hantaran listriknya.
  • Menentukan penyebab kemampuan larutan elektrolit menghantarkankan arus listrik.
  • Mendiskripsikan bahwa larutan elektrolit dapat berupa senyawa ion dan senyawa kovalen polar.

Tujuan Pembelajaran         :

  • Siswa dapat menentukan sifat-sifat larutan non elektrolit dan elektrolit melalui percobaan.
  • Siswa dapat mengelompokkan larutan kedalam larutan non eletrolit dan elektrolit berdasarkan sifat hantaran listriknya.
  • .Siswa dapat menentukan penyebab kemampuan larutan eletrolit menghantarkan arus listrik.
  • Siswa dapat mendiskripsiskan bahwa larutan elektrolit dapat berupa senyawa ion senyawa kovalen polar

 Kegiatan Pembelajaran

A. TATAP MUKA

1. Ringkasan materi pembelajaran.

  • Larutan non-elektrolit dan elektrolit.
  • Jenis larutan berdasarkan daya hantar listrik..
  • Jenis larutan berdasarkan ikatan.

2. Sumber Belajar

1. Referensi : Unggul Sudarno, Kimia SMA 1,Phibeta

Buku Kimia lain yang relevan

2. Bahan Ajar: Lembar kerja

.    3. Media/Alat : Alat dan bahan laboratorium.

3 . Metode

Demonstrasi/Eksperimen, tanya jawab, diskusi kelompok.

4. Langkah Kegiatan Pembelajaran

TAHAP KEGIATAN

AKTIVITAS SISWA / GURU

  1. Pendahuluan
  1. Inti

3. Penutup

Kesiapan kelas dalam pembelajaran, kebersihan, dan kerapian kelas.

Apersepsi

Penjajakan pengetahuan sebelumnya dengan memberikan pertanyaan.

Eksplorasi

Memberikan stimulus tentang materi larutan elektrolit dan non elektrolit.

Elaborasi

Diskusi kelompok merancang alat uji elektrolit dan percobaan untuk mengidentifikasi sifat-sifat larutan non-elektrolit dan elektrolit.

Konfirmasi

Memberikan konfirmasi hasil diskusi rancangan alat uji elektrolit peserta didik

Memberikan penguatan materi sifat-sifat larutan non elekrolit dan larutan elektrolit.

  1. Menyimpulkan hasil pembelajaran secara umum.
  2. Memberi tugas kelompok membuat alat uji elektrolit.

 

B. TUGAS TERSTRUKTUR

Tugas Siswa di Kelas.

  • Melakukan percobaan secara kelompok di laboratorium dan mendiskusikan hasil percobaan.
  • Menyimpulkan perbedaan sifat dan jenis larutan non elektrplit dan elektrolit

C. KEGIATAN MANDIRI

  • Membuat laporan percobaan secara individu..
  • Mengerjakan soal-soal dari LKS dan buku pendamping.

D. PENILAIAN

1. Bentuk Penilaian     : pengamatan, kinerja dan sikap, tes, dan tugas.

2. Aspek yang dinilai : sikap dan pengetahuan.

3. Jenis penilaian         : penilaian proses dan penilaian hasil.

4. Instrumen penilaian : lembar pengamatan dan soal.

5. Indikator soal tes tertulis

  • Menentukan sifat-sifat larutan non elektrolit dan elektrolit melelui percobaan..
  • Mengelompokkan larutan kedalam larutan non-elektrolit dan elektrolit berdasarkan sifat hantaran listriknya. .
  • Menentukan penyebab kemaqmpuan larutan elektrolit menghantarkan arus listrik.
  • Mendeskripsikan bahwa larutan elektrolit dapat berupa senyawa ion dan senyawa kovalen polar

6. Instrumen penilaian tes tertulis :

Jawablah pertanyaan di bawah ini secara singkat dan jelas!

1). Larutan garam dapur apabila diuji dengan alat uji elektrolit mennjukkan lampu menyala terang dan disekitar batang karbon banyak gelumbung udara maka larutan garam dapur bersifat larutan …….

2). Larutan alkohol dan urea apabila diuji dengan alat uji elektrolit menunjukkan lampu tidak menyala dan disekitar batang karbon tidak ada gelembung udara, maka larutan tersebut bersifat larutan……

3). Kelompokkan larutan berikut kedalam larutan non elektrolit atau elektrolit : garam dapur, asam cuka, alkohol urea, asam sulfat natrium hidroksida dan amoniak.

4). Apa yang menyebabkan larutan elektrolit dapat menghantarkan arus listrik?

5). Kelompokkan larutan berikut kedalam larutan elektrolit yang mengandung ikatan ion dan larutan elektrolit yang mengandung ikatan kovalen polar : NaCl, HCl, KCl, HCN.

Mengetahui                                                                             Kartasura, 13 Juli 2009

Kepala Sekolah                                                                       Guru Mapel,

Drs. Joko Sugiharto                                                                Hj. Sri Martini R, S. pd

NIP. 19611211 198803 1 005                                                            NIP. 19620319 198501 2 001


RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

                                                Mata Pelajaran            : KIMIA

Kelas / Semester          : X / 2

Pertemuan ke-             : 8 s/d 10

Alokasi Waktu            :5 x 45’

Standar Kompetensi         : 4. Memahami sifat –sifat senyawa organik atas dasar gugus fungsi dan senyawa makromolekul.

.Kompetensi Dasar              : 4.1. Mendeskripsikan kekhasan atom karbon dalam membentuk senyawa

Indikator                             :

  • Mengidentifikasi unsur C, H, dan O dalam senyawa karbon melalui percobaan.
  • Menentukan kekhasan atom karbon dalam senyawa karbon.
  • Membadakan anatara atom C primer, sekundern tersier dan kuarterner.

Tujuan  Pembelajaran       :

  • Siswa dapat mengidentifikasikan unsur C, H dan O dalam senyawa karbon melalui percobaan..
  • Siswa dapat menentukan kekhasan atom karbon dalam senyawa karbon..
  • Siswa dapat membadakan antara atom C primer, sekunder, tersier dan kuarterner…

Kegiatan Pembelajaran :

A. TATAP MUKA

1. Ringkasan materi pembelajaran.

  • Identifikasi atom C, H dan O.
  • Kekhasan atom karbon.
  • Kedudukan atom C dalam senyawa karbon.

2. Sumber belajar.

  • Referensi :

– Unggul Sudarmo, Kimia 1, Phibeta

– Buku lain yang relevan .

  • Media / alat :

– Komputer

– Bahan dan alat laboratorium.

3.      Metode .

Eksperimen, diskusi kelas, tanya jawab, presentasi.

4. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran.

Tahap Kegiatan

Aktivitas Siswa / Guru

  1. Pendahuluan
  1. Inti
  1. Penutup
Kesiapan kelas dalam pembelajaran, kebersihan, dan kerapian kelas.

Apersepsi

Penjajakan pengetahuan sebelumnya dengan memeberikan pertanyaan.

Eksplorasi

Memberikan materi tentang senyawa carbon

Elaborasi

Diskusi kelompok merancanng percobaan mengidentifikasi unsur C, H, dan O dalam senyawa karbon..

Diskusi kelompok dengan menggunakan molymod tentang kekhasan atom karbon..

Diskusi kelompok menentukan atom C primer, sekunder, tersier dan kuarterner.

Konfirmasi

Penguatan materi senyawa karbom

Memberikan konfirmasi hasil rancangan percobaan

  • Merangkum materi senyawa karbon
  • Memberikan tugas mandiri.

 B. TUGAS TERSTRUKTUR

Tugas Siswa di Kelas.

  • Melakukan percobaan secara kelompok.
  • Latihan menentukan jumlah atom C primer, sekunder, tersier dan kuarterner.

C. KEGIATAN MANDIRI

  • Mengerjakan soal-soal dari LKS dan buku pendamping.
  • Membuat model atom metana dengan bola pimpong.

D. PENILAIAN

1. Bentuk Penilaian     : pengamatan, kinerja dan sikap, tes, dan tugas.

2. Aspek yang dinilai : sikap dan pengetahuan.

3. Jenis penilaian         : penilaian proses dan penilaian hasil.

4. Instrumen penilaian : lembar pengamatan dan soal.

5. Indikator soal tes tertulis

  • Mengidentifikasi unsur C, H, dan O dalam senyawa karbon melalui percobaan.
  • Menentukan kekhasan atom karbon dalam senyawa karbon..
  • Membedakan antara atom C primer, sekunder, tersier dan kuarterner.

6. Instrumen Penilaian:

Jawablah pertanyaan di bawah ini secara singkat dan jelas!

1). Bagaimanakah cara mengidentifikasi adanya atom C, H dan O dalam senyawa karon?

2). Sebutkan kekhasan atom karbon dalam senyawa karbon.

3). Apakah yang dimaksud dengan atom C primer, sekunder, tersier dan kuarterner ?

Mengetahui                                                                             Kartasura, 13 Juli 2009

Kepala Sekolah                                                                       Guru Mapel,

Drs. Joko Sugiharto                                                                Hj. Sri Martini R, S. pd

NIP. 19611211 198803 1 005                                                            NIP. 19620319 198501 2 001


RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

                                                Mata Pelajaran            : KIMIA

Kelas / Semester          : X / 2

Pertemuan ke-             :

Alokasi Waktu            :4 x 45 menit

Standar Kompetensi          : 4. Mmahami sifat –sifat senyawa organik atas dasar gugus fungsi dan senyawa makromolekul.

.Kompetensi Dasar              : 4.3. Menjelaskan proses pembentukan dan teknik pemisahan fraksi minyak bumi serta kegunaannya.

Indikator                             :

  • Mendeskripsikan proses pembentukan minyak bumi dan gas alam.
  • Menjelaskan komponen – komponen utama penyususun minyak bumi.
  • Menafsirkan bagan penyulingan bertingkat untuk menjelaskan dasar dan teknik pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi.
  • Membedakan kualitas bensin berdasarkan bilangan oktannya.
  • Menganalisis dampak pembakaran bahan bakar terhadap lingkungan.

 

Tujuan  Pembelajaran       :

  • Siswa dapat mendeskripsikan proses pembentukan minyak bumi dan gas alam.
  • Siswa dapat menjelaskan komponen-komponen utama penyusun minyak bumi.
  • Siswa dapat menafsisrkan bagan penyulingan bertingkat untuk menjelaskan dasar dan teknik pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi.
  • Siswa dapat membedakan kualiyas bensin berdasarkan bilangan oktannya.
  • Siswa dapat menganalisisi dampak pembakaran bahan bakar terhadap lingkungan.

Kegiatan Pembelajaran

A. TATAP MUKA

1. Ringkasan materi pembelajaran.

  • Minyak bumi.
  • Fraksi minyak bu8mi.
  • Mutu bensin
  • Dampak pembakaran bahan bakar.

2. Sumber belajar.

  • Referensi :

– Unggul Sudarmo, Kimia 1, Phibeta

– Buku lain yang relevan .

  • Media / alat :

– Komputer

– CD

3. Metode :  Diskusi kelas, tanya jawab, presentasi.

4. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran.

Tahap Kegiatan

Aktivitas Siswa / Guru

  1. Pendahuluan
  1. Inti
  1. Penutup
Kesiapan kelas dalam pembelajaran, kebersihan, dan kerapian kelas.

Apersepsi

Penjajakan pengetahuan sebelumnya dengan memeberikan pertanyaan.

Eksplorasi

Memberikan stimulus materi tentang senyawa organic

Elaborasi

Diskusi kelompok membahas tentang eksplorasi minyak bumi, fraksi minyak bumi, mutu bensin, dan dampak  hasil pembakaran bahan bakar.

Presentasi hasil kerja kelompok.

Konfirmasi

Penguatan materi senyawa organic

Memberikan konfirmasi hasil diskusi

  1. Merangkum materi senyawa organik
  2. Memberikan tugas  mandiri.

 

B. TUGAS TERSTRUKTUR

Tugas Siswa di Kelas.

  • Membuat diagram/skema proses destilasi minyak bumi.

C. KEGIATAN MANDIRI

Tugas Siswa

  • Latihan menyebutkan kegunaan fraksi-fraksi  hasil minyak bumi..

D. PENILAIAN

1. Bentuk Penilaian     : pengamatan, kinerja dan sikap, tes, dan tugas.

2. Aspek yang dinilai : sikap dan pengetahuan.

3. Jenis penilaian         : penilaian proses dan penilaian hasil.

4. Instrumen penilaian : lembar soal.

5. Indikator soal tes tertulis

  • Mendeskripsikan proses pembentukan minyak bumi dan gas alam.
  • Menjelaskan komponen-komponen utama penyususn minyak bumi.
  • Menafsirkan bagan penyulingan bertingkat untuk menjelaskan dasar dan teknik pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi
  • Membedakan kualitas bensin berdasarkan bilangan oktannya.
  • Menganalisis dampak pembakaran bahan bakar terhadap lingkungan.

6. Instrumen Penilaian:

Jawablah pertanyaan di bawah ini secara singkat dan jelas!

1). Jelaskan proses pembentukan dan teknik pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi.

2). Sebutkan komponen-komponen  utama penyusun minyak bumi serta sebutkan kegunaannya!.

3). Bagaimana menentukan kualitas bensin sebagai bahan bakar ?

4). Sebutkan dampak dari masing-masing polutan berikut!

a. Karbon dioksida             c. Nitrogen dioksida

b. Karbon monoksida         d. Timbal

5) Apakah tujuan proses konversi pada pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi?

Mengetahui                                                                             Kartasura, 13 Juli 2009

Kepala Sekolah                                                                       Guru Mapel,

Drs. Joko Sugiharto                                                                Hj. Sri Martini R, S. pd

NIP. 19611211 198803 1 005                                                            NIP. 19620319 198501 2 001

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s