Silabus

SILABUS

Nama Sekolah             : SMAN 2 Sukoharjo

Mata Pelajaran            : Kimia

Kelas/Semester            : XI/1

Standar Kompetensi       : 1. Memahami struktur atom, sifat-sifat periodik unsur, dan ikatan kimia.

Alokasi Waktu               : 16 x  45 menit

 

Kompetensi

Dasar

Indikator

Materi

Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber/

Bahan/Alat

1.1. Memahami struktur atom berdasarkan teori atom Bohr, sifat-sifat unsur, massa atom relatif, dan sifat-sifat periodik unsur dalam tabel periodik serta menyadari keteraturannya melalui pemahaman konfigurasi elektron.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1.2. Membandingkan proses pembentukan ikatan ion, ikatan kovalen, ikatan koordinasi, dan ikatan logam serta hubungannya dengan sifat fisika senyawa. yang terbentuk.

 

§ Membandingkan perkembangan teori atom mulai teori atom Dalton sampai teori Atom Modern

 

 

 

 

 

 

 

§ Menentukan partikel dasar atom (proton, elektron dan netron)

§  Menentukan konfigurasi elektron dan elektron valensi

 

§  Mengklasifikasikan unsur ke dalam isotop, isobar dan isoton

 

 

 

 

 

 

 

 

 

§  Membandingkan perkembangan tabel periodik unsur untuk mengidentifikasi kelebihan dan kekurangannya.

§  Menjelaskan dasar pengelompokan unsur-unsur.

 

 

 

§  Menentukan hubungan konfigurasi elektron dengan letak unsur dalam tabel periodik

 

 

 

 

 

 

 

 

§  Mengklasifikasikan unsur ke dalam logam, non logam  dan metaloid.

 

§  Menganalisis tabel, grafik untuk menentukan keteraturan jari-jari atom, energi ionisasi, afinitas elektron dan keelektronegatifan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

§  Menjelaskan kecenderungan suatu unsur untuk mencapai kestabilan.

 

 

 

 

§  Menggambarkan susunan elektron valensi atom gas mulia (duplet dan oktet) dan elektron valensi bukan gas mulia(struktur Lewis)

§  Menjelaskan proses terbentuknya ikatan ion.

§  Menjelaskan proses terbentuknya ikatan kovalen tunggal, rangkap dua dan rangkap tiga.

§  Menjelaskan sifat-sifat senyawa ion dan sifat-sifat senyawa kovalen.

§  Menjelaskan proses terbentuknya ikatan kovalen koordinasi pada beberapa senyawa.

§  Menyelidiki kepolaran beberapa senyawa dan hubungannya  dengan keelektronegatifan melalui percobaan.

§  Menjelaskan proses pembentukan ikatan logam dan hubungannya dengan sifat fisik logam.

 

§  Menghubungkan sifat fisik materi dengan jenis ikatannya.

§ Perkembangan teori atom mulai dari Dalton sampai dengan teori Atom Modern.

 

 

 

 

 

 

 

§ Struktur atom

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

§ Perkembangan tabel periodik unsur.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

§ Sistem periodik unsur modern

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

§ Sifat fisik dan sifat

kimia unsur.

 

 

 

 

§ Sifat keperiodikan

unsur.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

§ Ikatan Kimia

– Kestabilan unsur

 

 

 

 

 

 

 

– Struktur Lewis

 

 

 

 

 

 

– Ikatan ion dan

ikatan kovalen.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

§ Ikatan kovalen koordinasi.

 

 

 

§ Senyawa kovalen polar dan non polar.

 

 

 

 

 

§ Ikatan logam

 

Tatap Muka

§  Diskusi Informasi perkembangan teori atom Dalton sampai teori Atom Modern.

 

Tugas Tak terstruktur

§  Mencari gambar model-model atom dari literatur atau internet

 

 

Tatap Muka

§  Menentukan partikel dasar, konfigurasi elektron unsur/ion

 

 

 

 

§  Mengidentifikasi unsur ke dalam isotop, isobar dan isoton.

§  Menentukan massa atom relatif

 

Tugas Terstruktur

§  Menentukan konfigurasi elektron beberapa unsur/ion

 

Tatap Muka

§  Diskusi informasi tentang dasar pengelompokan unsur-unsur.(Tugas kelompok)

 

Tugas Terstruktur

§  Mencari informasi dari literatur tentang perkembangan tabel periodik unsur .

 

Tatap Muka

§  Diskusi informasi menentukan hubungan konfigurasi elektron dengan letak unsur dalam tabel periodik

 

Tugas Terstruktur

§  Menentukan letak unsur (perioda dan golongan) dalam tabel periodik, jika diketahui nomor atomnya

 

Tatap Muka

§  Mengamati beberapa unsur untuk membedakan sifat logam, non logam dan metaloid.

 

§  Diskusi informasi Mengkaji keteraturan jari-jari atom, energi ionisasi, afinitas elektron dan keelektronegatifan unsur-unsur seperiode dan segolongan berdasarkan data atau grafik dan nomor atom.

§  Diskusi informasi hubungan keteraturan sifat-sifat jari-jari atom, energi ionisasi, afinitas elektron dan keelektronegatifan.

 

Tatap Muka

§  Diskusi informasi Menentukan unsur yang dapat melepaskan atau menerima elektron untuk mencapai kestabilan dengan cara berikatan dengan unsur lain.

 

§  Diskusi informasi Menggambarkan susunan elektron valensi Lewis.

 

 

 

§  Diskusi informasi Membandingkan proses pembentukan ikatan ion dan ikatan kovalen .

 

 

 

 

 

§  Membandingkan sifat-sifat senyawa kovalen .

 

 

§  Mendiskusikan proses terbentuknya ikatan kovalen koordinasi dari beberapa contoh senyawa sederhana

§  Melakukan percobaan untuk menyelidiki kepolaran senyawa.

 

 

 

 

§  Mendiskusikan proses terjadinya ikatan logam dan sifat-sifatnya .

 

 

 

Tugas Tak Terstruktur

§ Menentukan jenis ikatan berbagai senyawa berdasarkan no. atom dan jenis unsur serta membandingkan sifat fisiknya

§ Tugas individu

laporan

§ Tugas kelompok

laporan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

§ Ulangan

tes tertulis

 

 

 

§ Tugas individu

laporan

§ Tugas kelompok

laporan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

§ Ulangan

tes tertulis

6 X 45’

2 X 45’

 

 

 

6 X 45’

2 X 45’

§ Sumber

– buku kimia

kelas X

– tabel

periodik

unsur.

– Internet

§ Bahan

lembar

kerja

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

§ Sumber

– Buku kimia

kelas X

– Tabel

periodik

unsur.

§ Bahan

– Lembar

kerja

– Bahan dan

alat perco-

baan.

– Molymod

 

 

 

 

 

 

 

SILABUS

 

Nama Sekolah             : SMAN 2 Sukoharjo

Mata Pelajaran            : Kimia

Kelas/Semester            : XI/1

Standar Kompetensi       : 2. Memahami hukum-hukum dasar kimia dan penerapannya dalam perhitungan kimia (stoikiometri)

Alokasi Waktu               : 24 x 45 menit

 

Kompetensi

Dasar

Indikator

Materi

Pembelajaran

KegiatanPembelajaran

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber/

bahan/alat

2.1. Mendiskripsikan tata nama senyawa anorganik dan organik sederhana serta persamaan reaksinya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.2. Membuktikan dan mengkomunikasikan berlakunya hukum-hukum dasar kimia melalui percobaab serta menerapkan konsep mol dalam menyelesaikan perhitungan kimia.

 

§  Menuliskan nama senyawa biner

§  Menuliskan rumus senyawa biner

 

 

 

 

 

 

 

 

§  Menuliskan nama senyawa poliatomik.

 

 

§  Menuliskan nama senyawa organik sederhana dalam kehidupan sehari-hari

 

 

§  Menyetarakan persamaan reaksi sederhana dengan diberikan nama-nama zat yang terlibat dalam reaksi atau sebaliknya.

 

 

§  Membuktikan hukum Lavoisier melalui percobaan.

 

§  Membuktikan hukum Proust melalui data percobaan.

§  Menganalisis data percobaan pada senyawa untuk membuktikan berlakunya hukum kelipatan perbandingan (hukum Dalton).

§  Menggunakan data percobaan untuk membuktikan hukum perbandingan volume (hukum Gay Lussac).

§  Menggunakan data percobaan untuk membuktikan hukum Avogadro.

 

 

 

§  Mengkonversi jumlah mol dengan jumlah partikel, massa dan volume zat.

§  Menentukan rumus empiris dan rumus molekul.

§  Menentukan kadar zat dalam suatu senyawa.

§  Menentukan pereaksi pembatas dalam suatu reaksi.

§  Menentukan banyak zat pereaksi atau hasil reaksi.

§  Tata nama senyawa.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

§  Persamaan reaksi sederhana.

 

 

 

 

 

 

§  Hukum dasar kimia.

– hukum Lavoisier

– hukum Proust

– hukum Dalton

– hukum Gay Lussac

–          hukum Avogadro.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

§ Perhitungan kimia.

Tatap Muka

§  Menentukan senyawa biner (senyawa ion) yang terbentuk dari tabel kation (golongan utama) dan anion serta memberi nama senyawanya.

§  Menentukan nama senyawa biner yang terbentuk melalui ikatan kovalen.

§  Menentukan nama senyawa poliatomik.

§  Menyimpulkan aturan pemberian nama senyawa biner dan poliatomik.

§  Menginformasikan nama beberapa senyawa organik sederhana dalam kehidupan sehari-hari

 

Tatap Muka

§  Mendiskusikan cara menyetarakan reaksi

 

Tugas Terstruktur

§  Latihan menyetarakan persamaan reaksi.

 

Tatap Muka

§  Melakukan percobaan untuk membuktikan hukum Lavoisier

§  Menarik kesimpulan berdasarkan data hasil percobaan.

§  Mendiskusikan data percobaan untuk membuktikan hukum Proust, hukum Dalton, hukum Gay Lussac dan hukum avogadro.

§  Menghitung volume gas pereaksi atau hasil reaksi berdasarkan hukum Gay Lussac.

§  Menemukan hubungan antara volume gas dengan jumlah molekulnya yang diukur pada suhu dan tekanan yang sama (hukum Avogadro).

 

 

Tatap Muka

§  Diskusi informasi tentang konsep mol.

§  Menghitung jumlah mol, jumlah partikel, massa dan volume gas, serta mengkonversi satuan-satuan diatas, menentukan rumus empiris, rumus molekul, air kristal, kadar zat dalam senyawa dan pereaksi pembatas.

 

 

 

 

 

 

 

Tugas Terstruktur

§  Membuat laporan percobaan

§  Latihan perhitungan kimia

§ Tugas individu

laporan

§ Tugas  kelompok

laporan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

§ Ulangan

tes tertulis.

 

§ Tugas   individu

laporan

§ Tugas kelompok

laporan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

§ Ulangan

tes tertulis.

8 X 45’

2 X 45’

 

12X 45’

2 X 45’

§ Sumber

– buku

kimia

kelas X

§ Bahan

– lembar

kerja

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

§ Sumber

– buku

kimia

kelas X

§ Bahan

– lembar

kerja

 

 

 

 

 

 

 

Mengetahui                                                                                                                               Kartasura, 17 Juli 2010

Kepala SMA N 2 Sukoharjo                                                                                                        Guru Mapel Kimia

 

 

 

 

Drs. Jolo Sugiharto, MM                                                                                                             Sri Martini R, S.Pd

Nip. 19611211 198803 1 005                                                                                                       Nip, 19620319 198501 2 001

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s