Term of Refrence

TERM OF REFERENCE

DISKUSI PUBLIK

“ PERWUJUDAN MASYARAKAT SEHAT BERSAMA PDAM ”

PENDAHULUAN

 

 

 

1.           Dasar Pemikiran

Hidup sehat menjadi hak dasar setiap manusia, sehingga semua pihak memiliki kewajiban dan tanggung jawab yang sama untuk melindungi dan meningkatkan mutu dan kualitas kesehatan masyarakat beserta lingkungannya.

Untuk peningkatan derajat kesehatan masyarakat dan lingkungan  perlu perencanaan yang matang, integral, serta memiliki perkiraan-perkiraan dalam jangka panjang. Kemudian dalam implementasinya ditingkat lokal harus melibatkan masyarakat secara aktif dalam melakukan perencanaan, pemeliharaan, serta perlindungan kesehatan masyarakat beserta lingkungannya dalam rangka peningkatan derajat kesehatan masyarakat dan lingkungan. Karena air merupakan kebutuhan pokok manusia yang sifatnya tidak tergantikan oleh yang lain,  sarana penyediaan air bersih yang dibangun oleh pemerintah harus dikelola dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya agar dapat diperoleh hasil guna dan daya guna yang optimal.

Salah satu konsekuensi PDAM adalah perlunya dilakukan sosialisasi kembali terhadap kebijakan yang ada serta dirumuskannya cara pandang baru yang berkenaan dengan manfaat air bersih dan layanan PDAM. Meskipun di Kabupaten Karanganyar sumber air bersih melimpah, akan tetapi perkembangan industri yang tidak terkendali, serta belum adanya perencanaan pembangunan tata ruang yang berbasis lingkungan, dan pencemaran air sehingga salah satu dampaknya adalah beban hidup masyarakat semakin berat dan rentan terhadap berbagai macam penyakit.

2.           Latar Belakang

Dewasa ini lembaga-lembaga pelayanan publik mendapatkan sorotan yang cukup serius dari masyarakat dalam hal kaitanya dengan bentuk pelayanan, khususnya lembaga-lembaga usaha negara atau daerah yang berbentuk badan hukum. Sebagai sebuah badan layanan publik milik negara atau daerah disatu sisi dituntut untuk selalu mendapatkan keuntungan (financial benefit) dan di satu sisi harus mengemban misi social (social mision), karena sebagai penyelenggara layanan kepada warga, dibawah kekuasaan negara atau daerah.

Kondisi ini juga menjadikan lembaga atau badan yang bersangkutan seperti memakan buah simalakama, apa yang harus didahulukan dan dilakukan, apakah harus fokus pada keuntungan yang besar atau tetap setia pada misinya sebagai lembaga pelayanan yang berorientasi sosial. Sehingga ketika terjadi defisit anggaran dan tidak terjadi keseimbangan antara pendapatan dan pengeluaran, karena tingginya biaya produksi ataupun operasional, siap-siap memperoleh justifikasi sebagai lembaga “payah” atau siap-siap untuk dilikuidasi.

PDAM Karanganyar (Perusahaan Daerah Air Minum) sebagai salah satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemerintah Kabupaten Karanganyar , yang bentuk usahanya bergerak dibidang komoditas yang menguasai hajat hidup orang banyak (air) juga dtuntut untuk seimbang antara profit oriented dan social mision . Untuk selalu menjaga kondisi yang seimbang diperlukan sebuah strategi yang selalu inovatif dan kreatif, dimana wilayah partsisipasi dalam kebijakanya selalu harus komunikatif dengan konsumen atau pelanggan, dimana pelanggan pada dasarnya adalah juga pemilik usaha yang direpresentasikan melalui DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) dalam fungsi pengawasanya terhadap kinerja PDAM.

Oleh karena itu dilakukanlah diskusi publik ini agar terjadi keselarasan antara masyarakat dan pemerintah, khususnya PDAM  Kab. Karanganyar.

 

TUJUAN KEGIATAN

 

 

 

Diskusi publik  ini bertujuan untuk :

Umum

1.   Mensosialisasikan pentingnya kesehatan kepada masyarakat.

2.   Mendorong masyarakat untuk berprilaku hidup sehat dengan memanfaatkan air bersih untuk kebutuhan sehari hari.

3.   Mengajak masyarakat menciptakan lingkungan yang sehat dan nyaman.

Khusus

1.      Terpenuhinya kebutuhan pokok masyarakat  miskin khususnya, yaitu penyediaan air bersih

2.      Meningkatnya kualitas kesehatan masyarakat beserta lingkungannya

3.      Terciptanya  masyarakat berperilaku hidup bersih dan sehat.

WAKTU DAN TEMPAT

 

 

 

Hari, tanggal           : Kamis, 9 Desember 2010

Pukul                      : 08.00 – 13.00 WIB

Tempat        :

SASARAN KEGIATAN

 

 

 

Masyarakat dan rekan – rekan  Aparat Desa beserta instansi terkait pemerintahan Kabupaten Karangnyar

RUNDOWN ACARA

 

 

 

WAKTU

KEGIATAN

08.00 – 09.00

Registrasi peserta

09.00 – 09.15

Pengkondisisan peserta

09.15 – 09.30

Pembukaan

09.30 – 10.00

Laporan Ketua Panitia

10.00 – 10.30

Sambutan PDAM

10.30 – 11.00

Sambutan DPRD

11.00 – 12.00

Diskusi

12.00 – 12.15

RTL

12.15 – 12.30

Penutupan

 

KETERANGAN

 

 

 

Kami mengharapkan pembicara sebagai sumber informasi dapat menyampaikan beberapa hal sebagai berikut :

 

 

 

Demikian TOR Diskusi Publik “Perwujudan Masyarakat Sehat Bersama PDAM” ini kami buat, peran dan pertisipasi semua pihak sangat kami harapkan demi kelancaran acara tersebut.

                                                                                                                                                              Surakarta,30 November 2010

Biro Investigasi Anggaran Rakyat (BIAR_fonundation)

Ketua

 

 

 

Hasan Fatoni

Sekretaris

 

 

 

Heri Susanto

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s