Kenaikan BBM April 2012 ” Rakyat Menjerit “

Pemerintah berencana menaikkan harga BBM berkisar antara Rp. 500 – Rp. 1500, pada tanggal 1 April 2012. Salah satu faktor utama mengapa rencana ini menuai kritikan adalah dampaknya terhadap makin tingginya inflasi. Kenaikan BBM mendorong meningkatnya biaya produksi dan biaya transportasi, yang pada akhirnya sangat memengaruhi kenaikan harga jual barang dan jasa.
Menaikkan harga BBM itu merupakan jalan terakhir, apabila tidak ada jalan lain yang bisa ditempuh pemerintah untuk menekan kebocoran anggaran guna memberikan subsidi BBM. Jika kenaikan BBM dijawab dengan bantuan langsung tunai (BLT) kepada masyarakat miskin, pengalaman menunjukkan bahwa langkah ini tidak efektif. Alasan klasik yang kita dengar yaitu seringkali BLT salah alamat dan bahkan dipolitisisasi.
Pertanyaan  saya pribadi kepada pemerintah, mengapa indonesia mesti mengikuti hara minyak internasional, bukankah kita kaya, kekurangan pasokan yang hanya 25 % dari kebutuhan total kan bisa di tutupi dengan mengimpor minyak dari luar, dengan catatan hanya harga pertamax aja yang dinaikkan.
Rakyat yang ekonominya kurang semakin terjepit dengan adanya kebijakan ini, dan dari posisi pertamina mereka serba salah. Trus apa gunanya pemerintah kalau hanya semakin membuat rakyat semakin menderita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s