Teknik dan Etika Penulisan

EASY TO WRITE

I.PRINSIP DASAR MENULIS
Menulis merupakan kegiatan yang dilakukan untuk melaporkan (to report) suatu peristiwa (yang disaksikan sendiri atau dialami/ disaksikan dan dialami oleh orang lain). Peristiwa bisa terjadi karena interaksi antar individu, antar individu dan kelompok, atau antar kelompok, namun bisa pula terjadi karena interaksi antar manusia dengan alam.
Laporan yang disusun berdasarkan kaidah jurnalisme dan sejumlah fakta untuk menggambarkan suatu peristiwa disebut berita (news). Berita dapat dibagi menjadi 4, yaitu :
1.Straight News (Berita Langsung)
Digunakan untuk menginformasikan peristiwa momentum yang actual.
2.Soft News (Berita Ringan)
Digunakan untuk menginformasikan peristiwa yang menarik tetapi tidak bermanfaat langsung.
3.Feature (Berita Kisah)
Digunakan untuk menginformasikan hal yang bersifat manusiawi di dalam peristiwa.
4.Report (Laporan)
Untuk memaparkan secara panjang lebar suatu persoalan yang berkaitan dengan kejadian tertentu.
Setiap fakta akan menjelaskan apa peristiwa yang terjadi, pihak yang berinteraksi dalam peristiwa itu, waktu, tempat, sebab, bagaimana peristiwa itu berlangsung, akiibat yang ditimbulkan, dan seterusnya. Agar dapat mencari dan mengumpulkan fakta, digunakan pertanyaan pokok penulisan yang dikenal dengan 5W + 1 H.
What = Apa yang terjadi ?
Who = Siapa yang terlibat dalam peristiwa ?
When = Kapan peristiwa terjadi ?
Where = Dimana peristiwa terjadi ?
Why = Mengapa peristiwa terjadi ?
How = Bagaimana peristiwa terjadi ?

Struktur tulisan yang digunakan dalam penulisan berita,yaitu struktur piramida terbalik dan struktur bukan piramida terbalik. Yang lazim digunakan adalah struktur piramida terbalik. Informasi paling penting dituliskan pada alinea awal (teras berita, lead). Informasi yang ditulis pada bagian selanjutnya (tubuh berita) merupakan rincian dari informasi penting pada teras berita. Semakin ke akhir tulisan, semakin kurang penting informasi yang dituliskan dibanding apa yang ditulis pada bagian sebelumnya.

II.ETIKA MENULIS
Etika menulis secara sederhana ialah paragraph tulisan, misalnya harus tahu menggunakan titik, koma, tanda-tanda baca, kata pembuka, kata penutup, lalu isi tulisan dan rangkaian kalimatnya yang baik dan teratur, enak dibaca, mudah dipahami, dapat dimengerti oleh para pembacanya.
Demikianpula, jika mau menerjemahkan sesuatu dari bahasa asing, baik dari bahasa inggris, jerman, belanda, china, atau thailand, sebaiknya memperhatikan tentang Etika apalagi menerjemahkan karya orang lain, harus lebih hati-hati, cermat, dan bertanggung jawab atas hasilnya nanti, artinya tidak asal-asalan.
Selain itu, tulisan dan isinya jelas, ada buktinya dan bisa dibuktikan, tidak asal nulis tanpa ada bukti yang berdasar dan dapat diterima oleh pembaca, artinya tulisan itu tidak boleh bohong, ngawur tidak berdasar, karena bisa berakibat fatal bagi kehidupan bermasyarakat, merugikan orang lain dan akhirnya boleh jadi meresahkan, kacau balau, berbahaya.
Sebaliknya, jika tulisan itu jelas ada buktinya, bisa dipertanggung-jawabkan, maka tulisan tersebut memiliki kekuatan hukum tetap, artinya kebenaran dan hal ini pasti akan mendapatkan dukungan, baik dari masyarkat pembaca, juga dari penegak hukum atau pemerintah
Dari segi peraturan dan hukum jika tulisan itu milik orang lain, paling tidak harus dijelaskan bahwa tulisan itu sumbernya dari mana siapa penulisnya, misalkan judulnya apa dan oleh siapa penulis pertama, hal ini harus disertakan baik diawal lembaran halaman ataupun dibagian belakang.
Dan yang paling penting dalam penulisan yaitu hindari untuk menulis yang menghina agama lain, orang lain, pihak, golongan ataupun unsur lainnya dan jangan memuat tulisan-tulisan yang berbau pornografi, kekerasan, pencemaran nama baik, dan memancing permusuhan antar-agama maupun suku (SARA).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s