Persiapan Menikah (PENTING)

Menikah bukan hanya menikah, tentang km dan dia aja or hanya tentang keluarga qt dan keluarga dia aja

Menikah itu langkah awal (lembaran awal) / sebuah pintu untuk menuju kehidupan yang sesungguhnya dan saat qt menikah nanti, qt akan mempunyai seorang anak yang merupakan penerus qt/agama qt/bangsa qt/ negara qt

Jadi sebelum menikah qt harus bener2 sudah siap, minimal secara teori (?), punya tujuan, punya visi misi, punya gambaran n rencana

Ini q tulis sebagian besar apa yg minimal dah harus di fikirkn (menurutku) untuk qt yg belum menikah

Menikah :

1. BAB Kamu dan Pasanganmu

Di bab ini q akan menjelaskan secara garis besar, kriteria apa aja n langkah apa aja dalam memilih pasangan yang akan menjadi Ayah/Ibu dari anak2mu, Suami/Istri darimu sampai waktu yg di tentukan (klo bisa selamanya dunia akhirat)

Laki2 adalah Imam keluarga/Kepala keluarga/Nahkoda kapal, Wanita adalah tiang keluarga/Menteri Dalam Negeri/Layar kapal

So langkah yang harus d lakukan :

– Pertama dan terpenting, cari yang seiman

– Sesuaikan dengan visi misi hidupmu, cari pasangan yg berkualitas (kualitas iman, kualitas otak, kualitas hati >> anak g bakalan jauh dari ortunya)

– Bagi cewek, cari cowok yang pinter cari duit, tegas, bijaksana, berfikiran panjang n maju, terbuka n g ortodoks/kuno (dunia makin berkembang, pemikiran harus terus berkembang n sesuai dengan jamanny >> mana bisa didik anak dengan pemikiran tertutup n kuno, adanya anak jadi g bahagia n stress)

– Bagi cowok, cari cewek yang mandiri, bersyukur, terbuka n g ortodoks jg

2. BAB Kamu dan Teman2/Lingkungan Pasanganmu

Di bab ini q akan menjelaskan secara garis besar gimana hubunganmu dan teman2 pasanganmu, sama seperti kisah yang menyatakan .. ok q lupa kisahny xD yg tentang klo qt berteman dgn anak tukang parfum amaka qt pasti kecipratan bauny juga xD

Nah langkah2nya :

– Cari pasangan dari lingkungan yang baik, berkualitas dan terhormat

– Kamu harus bisa join secara baik dengan teman2nya dan begitupun sebaliknya, kalau hanya kamu yang bisa join dengan baik ma temen2ny sedangkan dia g bisa, fikir2 lagi untuk nerima makin jauh orang macam itu. Kenapa mesti begitu, karena kalo nanti ada apa2 hanya lingkunganny n lingkunganmu yg bisa memberikan jawaban dan pertolongan

3. BAB Kamu, Keluargamu, Dia dan Keluarga Dia

Ini bab kalian masuki jika bab 1 n 2 sudah menemui kecocokan n chemistrynya, bab ini harus ada karena ketika kalian menikah, keluargany dia akan menjadi keluargamu, keluargamu akan menjadi keluarga dia, jadi tidak boleh ada keegoisan d antara kalian berdua

Nah langkah2nya :

– Kalian berdua harus saling mengenal n menghormati, kebudayaan masing2, karakter keluarga masing2

– Kalian berdua harus saling memahami jika masing2 keluarga xan punya keinginan dan hak yg sama kuat untuk masa depan anaknya

– Tidak perlu terlalu dekat dengan keluarga dia jika statusnya masih pacaran, karena masa depan tidak ada yang tahu, cukup tw tatakrama n sopan santun

– Jika nanti sudah menikah, maka kewajiban kalian berdua adalah tidak ada yang namanya keluarga dia or keluargaku, tapi keluarga qt

4. BAB Menikah

Nah ini bab yang paling penting dari bab sebelum2nya n langkah awal masa depan, please deh masa’ nikah2 aja, abis nikah g tw mw ngapain

Nikah bukan tentang q mw resepsiny kayak gini kayak gitu, q pengen ngundang ini ngundang itu, itu hanyalah awal yg g penting

Nikah adalah setelah itu, g lucu kan demi resepsi yg d inginkan ngutang d mana2 n akhirnya habis resepsi pusing mikirin bayar utang

So langkah2ny :

– Rencanakan pernikahan dengan pasanganmu sesuai budget yang kamu punya, ingat . jangan melebihi budget dan jangan berlebihan. ex. jika kamu hanya punya uang tabungan 200 jt, max 100 jt untuk prosesi pernikahan (mas kawin, cincin kawin, resepsi, baju pengantin, etc) yg 100 jt ny lagi untuk awal hidup xan setelah itu ex. rumah (masa’ dah nikah masih mw tinggal ma ortu n ngerepotin ortu, malu woy idup kq cuma nyusahin ortu doang kerjaanny), perlengkapan rumah seperti (yg penting2 dl) peralatan masak, kipas (dunia ini panas ok xD) tv yg kecil aja (biar tw informasi), mesin cuci (bagi yg g suka nyuci manual)

– Setelah itu rencanakan, xan mau keluarga yg bagaimana ? harmonis ? jika iya, rencanakan ma pasanganmu peraturan2 apa aja yg akan d terapkan dalam keluargamu untuk xan berdua, ex. klo nanti qt dah punya anak, mw bagaimanapun qt g boleh marah2an/berantem di depan anak, qt berdua g boleh bawa kerjaan ke rumah, makan harus makan masakan rumah (ini khusus untukku xD enak aja q dah susah2 masak, km makan d luar, klo perlu mbekal or q yg nganterin k kantor xD), etc.

– Rencanakan masa depan keluargamu nanti mau gimana ma pasangan, ex. pengen tinggal d rumah yg bagaimana, 10 tahun ke depan pengen seperti apa, 20 tahun ke depan pengen yg kyk gimana, etc.

– Diskusikan peran xan masing2 d keluarga nanti gimana, ex. istri adalah menteri dalam negeri, bendahara n sekretaris negara, menteri SDM :v sedanglan suami adalah presiden, menteri luar negeri

5. BAB Anak

Nah ini bab sangat penting, Generasimu adalah cermin pendidikan yg kamu berikan di keluarga, cermin dari kualitas keluargamu so ajarin anak2mu :

– Pemahaman Agama

– Sopan santun

– Tatakrama

– Keunggulan pemikiran n Jiwa sosial

– Kreatifitas

-etc.

Untuk itu, ini contoh langkah2nya :

– Selagi masih hamil, sering dengerkan lantunan ayat2 suci Al-Qur’an (bagi yg islam), ibu sring2 mendekatkan diri n bersyukur, ceritakan (berbicara ma perut ibu xD) tentang kisah2 menakjubkan dan mendorong, bagi ayah senangkan ibuny jgn sampe buat stress, sring bercerita n ngobrol juga ma perut istriny xD, etc

– Dari kecil ajarkan anak2nya mengaji, mengenal dunia (inget iklan, kotor itu belajar xD), etc

– Jangan pernah berkata kasar d depan anak

– Jangan pernah berkata jangan kepada anak, ex. anak lagi lari2 trus km bilang .. nak jangan lari2 .. harusnya bilangny .. nak hati2 ya .. berkata positif kepada anak

– Rencanakan dengan suamimu pendidikanny dy, mw mendidikny seperti apa, ingin menjadikanny seperti apa

– etc.

6. BAB Jika terjadi sesuatu yg tidak di inginkan

a. Cerai

-Tentukan hak2 n kewajiban2 apa aja yg harus kalian penuhi, terhadap mantan suami/itri, mantan keluarga, n anak (inget g ada yg namany mantan anak u,u)

– Tentukan hak kepewarisan, kepengurusan anak n urusan harta gono gini

b. Kematian

– Tentukan masa depan anak/ sitri jika nyawa kalian di ambil duluan, ex. asuransi, usaha, tabungan, etc.

NB.

Tambahan lagi, tentukan visi misi keluargamu, ex. nanti pengen berperan n bersikap seperti apa untuk agamamu, tetanggamu, masyarakatmu, bangsamu, negaramu

sori mungkin cuma itu yg bisa q tulis, capek :v

Orang2 yg q tag adalah orang2 yg ngelike/komen status q yg jangan hanya kawin aja n orang2 yg q anggap teman n q harap bisa memiliki keluarga yg bahagia, sakinah, mawwaddah, warrohmah, n menciptakan generasi yg unggul

Oh iya, ini centilan ..

Klo kamu menginginkan seseorang layaknya Aisyah, maka kamu harus menjadi layakny Rosulullah Muhammad dulu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s