MOU/KESEPAKATAN BERSAMA BIMBINGAN BELAJAR DUSUN BINAAN

KESEPAKATAN BERSAMA

BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS SEBELAS MARET

(BEM FKIP UNS)

dengan

………………………………………………………………………………….

tentang

BIMBINGAN BELAJAR DUSUN BINAAN

 

Nomor : 01 / BEM FKIP UNS/ BB DUSBIN/ III/ 2010

 

Pada hari ini, Selasa tanggal Enam Belas Bulan Maret Tahun Dua Ribu Sepuluh bertempat di Jl. Ir. Sutami No. 36 A, Jebres, Surakarta 5712 , yang bertanda tangan dibawah ini :

  1. Galih Mustofa Kepala Sekolah Bimbingan Belajar Dusun Binaan atas nama Wachid Yahya Presiden Badan Eksekutif  Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret (BEM FKIP UNS), dalam hal ini bertindak untuk dan atas nama Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret (BEM FKIP UNS) yang berkedudukan di Surakarta yang selanjutnya disebut PIHAK PERTAMA.
  2. …………………………………………………….. , dalam hal ini bertindak untuk dan atas nama Tentor / Struktur Inti Bimbingan Belajar Dusun Binaan di Gulon, yang selanjutnya disebut PIHAK KEDUA.

 

PIHAK PERTAMA dan PIHAK KEDUA untuk selanjutnya secara bersama-sama disebut KEDUA BELAH PIHAK.

 

KEDUA BELAH PIHAK sepakat untuk mengadakan kesepakatan bersama dalam bentuk pengembangan IGOS Center, dengan ketentuan-ketentuan sebagai berikut :

 

 

PASAL 1

DEFINISI UMUM

 

Bimbingan Belajar Dusun Binaan adalah suatu lembaga bimbingan belajar yang  berada di bawah Departemen Sosial Pemuda dan Olahraga Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan  Universitas Sebelas Maret (Dep.SosPoRa BEM FKIP UNS).

 

PASAL 2

TUJUAN

 

  1. Memberikan layanan pendidikan kepada masyarakat secara gratis.
  2. Peningkatan kemampuan dan kompetensi masyarakat di bidang pendidikan baik secara akademis maupun non akademis.
  3. Menciptakan mindsite masyarakat terhadap kemajuan dan kualitas pendidikan.

 

PASAL 3

BENTUK KERJASAMA

 

Bentuk kerjasama diwujudkan dalam hal :

  1. PIHAK PERTAMA memberikan sarana dan prasarana penyelenggaraan proses pembelajaran di Bimbingan Belajar Dusun Binaan.
  2. PIHAK KEDUA Melaksanakan kewajibannya sebagai seorang :
    1. Tentor

Melakukan Proses Pembelajaran dengan menyiapkan RPP (Rencana Proses Pembelajaran), Melakukan metode mengajar yang sesuai dengan kurikulum KTSP dan PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Intuitif, Kreatif, Evaluatif dan Menyenangkan) dan Melakukan Penilaian yang berupa tes tertulis dan pelatihan-pelatihan yang disesuaikan dengan Kalender Akademis, juga menepati schedule dan bertanggung jawab atas mata pelajaran yang di ampu sesuai dengan Kurikulum dan Kalender Akademis.

  1. Kepala Sekolah

Sebagai pusat segalanya, mulai dari yang bertanggung jawab atas keaktifan rekan-rekan Tentor ataupun Struktur Inti Lainnya dan keberlangsungan operasional kegiatan Pembelajaran.

  1. Sekretaris

Bertanggung jawab atas administrasi Bimbingan Belajar Dusun Binaan dan kesekretariatan keberlangsungn kegiatan pembelajaran.

  1. WaKaSek Kesiswaan

Bertanggung jawab atas Perkembangan Siswa baik dibidang akademis maupun non akademis dan kegiatan siswa di bidang akademis dan non akademis.

  1. WaKaSek Kurikulum

Bertanggung jawab atas Kuikulum, kalender akademik, tata tertib dan peraturan yang diberlakukan di Bimbingan Belajar Dusun Binaan beserta perkembangan proses pembelajaran di Bimbingan Belajar Dusun Binaan.

  1. WaKaSek Keuangan

Bertanggung jawab atas pemasukan dan pengeluaran keuangan Bimbingan Belajar di Dusun Binaan yang dimulai dari pemasukan secara mandiri, kerjasama ataupun sponsorship.

  1. BK

Bertanggung jawab atas perkembangan peserta didik dari segi psikologi dan kejiwaan dengan melakukan kegiatan pendekatan kepada peserta didik melalui segi psikologi dan kejiwaan dan sebagai tempat konsultasi peserta didik tentang apa saja yang bisa mengganggu proses pembelajaran peserta didik.

  1. Wali Kelas

Bertanggung jawab atas perkembangan siswa di kelasnya masing-masing baik di biang akademis, non akademis, psikologi dan kejiwaan ataupun prestasi-prestasi.

  1. PIHAK KEDUA wajib menaati tata tertib dan peraturan yang sudah disepakati bersama.

 

PASAL 4

PEMBIAYAAN

 

Segala Pembiayaan Operasional dan kegiatan yang terjadi menjadi tangung jawab PIHAK  PERTAMA sepenuhnya.

 

PASAL 5

JANGKA WAKTU KESEPAKATAN BERSAMA

 

  1. Kesepakatan Bersama ini berlaku selama 1 (satu) tahun, sejak tanggal ditandatangani oleh KEDUA BELAH PIHAK.
  2. KEDUA BELAH PIHAK dapat memperpanjang Kesepakatan Bersama ini untuk periode berikutnya dengan jangka waktu yang sama, setelah ada persetujuan KEDUA BELAH PIHAK paling lambat 30 (tiga puluh) hari sebelum Kesepakatan Berama ini berakhir.
  3. Untuk kesempurnaan pelaksanaan Kesepakatan Bersama ini, KEDUA BELAH PIHAK dapat melakukan evaluasi.

 

 

PASAL 6

PEMUTUSAN KESEPAKATAN BERSAMA

  1. Dalam hal ini terjadi pelanggaran tehadap ketentuan dalam Kesepakatan Bersama ini, masing-masing berhak memutuskan Kesepakatan Bersama dimaksud, dengan pemberitahuan tertulis kepada pihak lainnya dan berlaku efektif terhitung sejak 1 (satu) bulan setelah pemberitahuan dimaksud diterima pihak lainnya.
  2. Para pihak sepakat untuk mengesampingkan berlakunya Pasal 1266 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata terhadap Kesepakatan Bersama ini, sehingga pemutusan Kesepakatan Bersama ini cukup dilakukan dengan pemberitahuan sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) pasal ini tanpa harus menunggu keputusan hakim.

 

PASAL 7

PENYELESAIAN PERSELISIHAN

 

  1. Apabila terjadi perbedaan pendapat atau perselisihan sehubungan dengan Kesepakatan Bersama ini, maka KEDUA BELAH PIHAK sepakat untuk menyelesaikan secara musyawarah.
  2. Apabila penyelesaian secara musyawarah sebagaiman dimaksud dalam ayat (1) pasal ini tidak tercapai kata sepakat, maka KEDUA BELAH PIHAK meneruskan penyelesaannya melalui Badan Pengadilan untuk mendapat keputusan sesuai peraturan perundang-undanganyang berlaku.
  3. Keentuan-ketentuan dalam Kesepakatan Bersama ini tetap berlaku dan KEDUA BELAH PIHAK tetap melaksanakan hak dan kewajibannya sampai perbedaan pendapat atau perselidihan dimaksud ayat (1) dapat diselesaikan, baik sebagai hasil musyawarh maupun berdasarkan  keputusan pengadilan yang telah mempunyai ketentuan hokum tetap.

 

 

PASAL 8

HAK ATAS KEKAYAAN INTELEKTUAL

 

Hal-hal yang berkenaan dengan Hak atas Kekayaan Intelektual (HaKI) sebagai bagian Dari kesepakatan bersama ini, akan dibahas dan ditetapkan kemudian dalam Perjanjian Pelaksanaan oleh KEDUA BELAH PIHAK

 

 

PASAL 9

PENUTUP

 

Kesepakatan bersama ini dibuat dan ditandatangani dalam 2 (dua) rangkap, bermaterai cukup masing-masing mempunyai kekuatan hokum yang sama setelah ditandatangani oleh KEDUA BELAH PIHAK.

 

Demikian Kesepakatan Bersama ini dibuat dengan itikad baik oleh PIHAK PERTAMA dan PIHAK KEDUA.

 

 

PIHAK PERTAMA,

Kepala Sekolah Bimbingan Belajar Dusun Binaan Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret

 

 

Galih Mustoufa

NIM K 2508009

PIHAK KEDUA,

 

 

 

 

 

 

PIHAK KEDUA,

 

 

 

 

 

PIHAK PERTAMA,

Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret

 

 

Wachid Yahya

NIM K 2507034

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s