Cerita Al-Qur’an untuk Anak

Judul                           : Cerita Al-Qur’an untuk Anak

Disusun oleh               : Tim Penulis EFK

Ilustrasi oleh                : Iwan Nazif

Penerbit                       : Elangga For Kids

Tempat Penerbit          : Ciracas, Jakarta

 

PHOTO_20150906_175718

 

Awal mula melihat buku cerita ini, aku teringat akan masa kecilku dulu yang kurindukan. Masa kecil dimana ak sering membaca kisah-kisah para nabi dengan ilustasi cerita yang sangat ringan untukku saat itu. Ilustrasi cerita yang menurutku tersajikan dengan sedikit kaku di buku ini. Tapi ilustrasi gambarnya sangat menarik dan bagus.

Buku ini terdiri dari 22 kisah yang ada di Al-Qur’an yang sebagian besar merupakan kisah para Nabi. Selain menceritakan, buku ini juga diawali dengan ayat-ayat Al-Qur’an yang mendasarinya dan himah yang bisa diambil oleh pembaca setelah membaca masing-masing kisahnya. Kisah-kisah itu antara lain :

  1. Raja Thalut, Raja Pilihan Allah

(Al-Baqarah : 247 – 248) Menceritakan tentang Bani ISrail yang mengalami kemunduran dalam kehidupan mereka di tanah Palestina hingga merekapun meminta petunjuk dari seorang Nabi (Dalam Islam hanya 25 Nabi dan Rosul yang diketahui namanya. Sedangkan masih ada nabi-nabi yang lain yang tidak disebutkan namanya) untuk menunjuk siapa diantara mereka untuk menjadi pemimpin mereka. Awalnya mereka menolak keputusan sang Nabi yang didapat dari Allah untuk menunjuk seorang pemuda miskin dengan status social dibawah mereka (Thalut), tapi dengan kecerdikan dan kebijaksanaan sang Nabi akhirnya Bani Israil mau menerima kepputusan tersebut. Raja Thalut membawa Bani Israil dalam kejayaan kembali. Suatu saat Raja Thalut mendapatkan pesan dari Allah untuk memerangi kedzaliman Raja Jalut, dengan pasukan yang tinggal sedikit, Raja Thalut pun memenangkan peperangan tersebut dibantu oleh pemuda bernama Daud. Setelah Raja Thalut wafat, Daud yang kemudian memerintah dan memimpin Bani Israil sebagai seorang Raja, Nabi dan Khalifah.

Hikmah yang tersajikan, diantaranya :

  1. Sesungguhnya jika Allah mengizinkan, golongan yang sedikit dapat mengalahkan golongan yang banyak.
  2. Setiap perjuangan membutuhkan kesabaran dan kedisiplinan yang tinggi.
  3. Pemuda Penghancur Berhala

(Al-Anbiya : 57-67) Menceritakan Babilonia yang dipimpin oleh Raja Namrudz yang sangat kejam, yang memaksa semua rayatnya menyembah berhala. Jika ada rakyat yang tidak mau tunduk, Raa Namrudz tidak segan-segan membunuhnya. Nabi Ibrahim yang melihat ini akhirnya bertaktik (tau kan kisah Nabi Ibrahim dalam mencari kebenaran akan Tuhan) yang membuat Beliau dihukum dibakar di dalam api yang sama sekali tidak membakarnya.

Hikmah yang disampaikan oleh buku ini antara lain :

  1. Kita harus mencontoh sikap Nabi Ibrahim yang tidak mengikuti kebiasaan nenek moyang yang sesat dan salah.
  2. Apabila kita melihat sebuah kemungkaran, maka kita wajib mengubahnya sesuai dengan kemampuan, bukan dengan paksaan ataupun kekerasan.
  3. Setiap perjuangan menegakkan Agama Allah pasti akan mendapatkan ujian dan cobaan yang berat. Namun yakinlah pertolongan Allah pasti datang.
  4. Kehancuran Kaum Tsamud

(Huud : 63-68) Kisah tentang Nabi Saleh dengan mukjizat seekor untanya yang kemudian oleh pemuka kaum Tsamud, unta tersebut dibunuh dan akhirnya kaum Tsamud yang dianugrahi peradaban hebat tapi mendurhakai Allah, lenyap disambar petir, halilintar disertai gempa.

Hikmah yang disampaikan :

  1. Siapa saja yang merencanakan kejahatan, maka akan mendapatkan balasan yang setimpal.
  2. Sesungguhnya segala kekayaan dan kemewahan tidak membuat seseorang menjadi sombong dan ingkar, tetapi harusnya membuat orang bersyukur kepada Allah yang telah memberikan nikmatNya.
  3. Keteguhan Iman Seorang Pemuda (Ashhabul Ukhdud)

(Al-Buuruj ; 1-8) Bercerita tentang seorang pemuda yang terpilih menjadi penerus ahli sihir kerajaan. Tetapi disetiap perjalanan pergi dan pulangnyapemuda ini mampir mendengarkan ceramah seorang Rahib yang menyampaikan tentang kekuasaan Allah. Dengan kecerdikannya diapun akhirnya bisa membuat para penduduk memeluk Islam, walaupun akhirnya mereka ditenggelamkan dalam parit dengan api berkobar.

Hikmah kisah ini adalah :

  1. Setiap orang yang beriman dengan Allah pasti akan diuji berbagai macam ujian.
  2. Sesungguhnya setiap kesabaran dan keteguhan iman aka mendatangkan pertolongan Allah.
  3. Qorun yang Kikir

(Al-Ankabut : 39-40) Menceritakan seorang arun yang meminta Nabi Musa untuk memohon kepada Allah agar dia diberikan kekayaan. Setelah dia kaya, dia lupa akan hakikatnya, walaupun sudah dinasihati berkali-kali oleh utusan Nabi Musa. Oleh karena itu Allapun mengadzabnya dengan menenggelamkan semua hartanya beserta Qorun ke dalam tanah sebagai contoh ke yang lain.

Hikmah yang bisa dipetik dari kisah ini :

  1. Sesungguhnya harta yang kita miliki adalah titipan dan ujian dari Allah.
  2. Jika harta itu dipergunakan di jalan Allah, amaka akan membawa kemudahan dan keberkahan, begitupun sebaliknya bisa membawa adzab dan malapetaka.
  3. Kaum yang Diadzab Menjadi Kera

(Al-A’raaf :163-166) Pada zaman Bani Israil terdapat sekelompok penduduk yang tinggal di tepian laut. Mereka hidup sebagai nelayan, Bani Israil memiliki hari istimewa yang Allah berikan yaitu hari sabtu. Keistimewaan ini berasal dari permintaan mereka ke Nabi mereka. Di hari Sabtu mereka hanya diperbolehkan beribadah, sedangkan di hari Sabtu itu ikan lebih banyak muncul dibanding hari-hari lainnya yang akhirnya membuat mereka menipu Allah dengan kecerdikan mereka. Hingga akhirnya mereka diberi adzab menjadi seekor kera.

Hikmah dari kisah ini diantaranya :

  1. Sesungguhnya Alla akan menguji orang beriman dengan berbagai cobaan.
  2. Setiap janji arus ditepati. Jika janji tidak diteati maka Allah akan memberikan balasan.
  3. Binasanya Pasukan Bergajah

(Al-Fiil :1-5) Mengkisakan tentang Raja Abrahah yang ingin menghancurkan Kabbah dengan pasukan gajahnya, yang kemudian pasukan tersebut binasa oleh serangan para burung Ababil yang membawa batu-batu panas.

Hikmah :

  1. Sesunggunya Allah Maha Besar, tidak ada pasukan di bumi ini yang mampu mengalahkan kebesaranNya.
  2. Berserah dirila kepada Allah, sesungguhnya Allah akan selalu melindungi hambaNya yang beriman.
  3. Tipu Muslihat Saudara-Saudara Nabi Yusuf

(Yusuf : 4-5) Kisah tentang Nabi Yusuf yang dibuang oleh saudara-saudaranya ke dalam sumur dan kemudian menjadi budak yang membuatnya dipenjara karena ketampanannya. Tapi dipenara inilah Beliau diberikan kemampuan untuk megartikan mimpi yang kahirnya membuatnya menjadi bendahara kerajaan.

Hikmah :

  1. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang iri dan dengki.
  2. Setiap orang yang sabar dalam menghadapi ujian akan mendapatkan balasan kesenangan dan kebahagiaan dari Allah.
  3. Diangkatnya Nabi Isa ke Langit

(An-nisa : 157-158) Kisah tentang Maryam gadis suci yang diberikan anak yang diciptakan dengan kalimat yang datang dari Allah. Isa Almasih putra Maryam, yang akan menjadi orang terkemuka di dunia dan akhirat. Ia dapat berbicara sejak dalam buaian dan ketika dewasa ia termasuk orang yang soleh. Nabi Isa memiliki beberapa mukjizat yang membuat orang-orang mengikutinya. Hingga penguasa Romawi merasa perlu membinasakannya. Dengan bantuan Yahuza pasukan Romawi menemukan persembunyian dan menyalib Nabi Isa yangmana saat itu adalah Yahuza yang disamarkan oleh Allah. NAbi Isa sendrii sedang tertidur lelap dan Allah mengangkat tubuh Nabi Isa ke langit hingga tiba waktunya menjelang hari kiamat nanti akan diturunkan kembali untuk membuktikan kebenaran aaran Islam.

Hikmahnya antara lain :

  1. Sesungguhnya Allah Maha Kuasa dan Berkehendak, ini diwujudkan dengan kelahiran Nabi Isa yang tanpa Ayah.
  2. Nabi Isa hanyalah manusia biasa, tidak ada bedanya dengan manusia lain. Keistimewaan dan kelebihan yang dimilikinya hanya semata-mata bukti tanda kenabiannya.
  3. Barang siapa yang berhianat, maka dia akan menerima balasan kejahatannya.
  4. Kisah Nabi Musa dan Nabi Khidir

(Al-Kahfi : 66-70) Kisah tentang perjalanan Nabi Musa yang belajar kepada Nabi Khidir tentang ilmu yang Beliau punyai. Nabi Khidirpun mengiyakan dengan syarat, Nabi Musa tidak menanyakan apapun yang dia lakukan, tapi Nabi Musa melanggarnya dan akhirnya Nabi Khidir menjelaskan semua perbuatan yang dia lakukan kepada Nabi Musa dengan catatan pelajarannya hanya sampai disana.

Hikmahnya :

  1. Sesungguhnya ilmu yang kita miliki hanya sedikit dibandingkan ilmu Allah yang Maha luas.
  2. Kita tidak boleh sombong dengan ilmu yang kita miliki, sesungguhnya masih ada orang yang lebih pandai dari kita.
  3. Dalam menuntut ilmu diperlukan kesabaran dan kesungguhan.
  4. Nabi Sulaiman dan Burung Hud-Hud

(An-Naml : 20-30) Kisah tentang Nabi Sulaiman yang menundukkan Ratu Balqis yang menyembah Matahari untuk Menymbah hanya kepada Allah. Dengan kecerdikan dan keindahan  Beliau akhirnya Ratu Balqis beserta rakyatnya pun tunduk dan ikut memeluk Islam.

Hikmah :

Sesungguhnya Allah Maha Kuasa, sangatlah mudah untuk memberikan atau menghancurkan sebuah kerajaan bagi siapa yang dikehendakiNya.

  1. Nabi Adam dan Hawa

(Al-Araaf : 12-21) Kisah tentang penciptaan Nabi Adam yang diingkari Iblis untuk bersujud kepada Adam yang membuat Iblis dihukkum ke Neraka dan akan terus mengganggu keimanan manusia. Karena Adam merasakan kesepian, maka diciptakanlah Hawa dari tulang rusuknya yang diutus untuk menemani Adam dalam kesepian dan menurunkan umat manusia yang banyak. Mereka hidup bahagia hingga suatu saat mereka merasa lapar yang sedikit berbeda dan dengan kecerdikan Iblis mengucapkan sumpah demi Allah, Adam dan Hawapun akhirnya memakan buah Khuldi (buah yang dilarang Allah untuk dimakan). Karena hal itu, Adam dan Hawapun diturunkan ke bumi dengan terpisah (yang akhirnya ketemu diPadang Arafah) beserta Iblis.

Hikmah :

  1. Kita harus selalu waspada akan bujukan Iblis.
  2. Jika seseorang sudah terlanjur melakukan dosa, sepatutnya ia tidak berputus asa dari rahmat dan ampunan Allah asalkan dia sadar dan bertaubat.
  3. Qabil dan Habil

(Al-Maaidah : 27-31) Kisah tentang pertamakalinya iri dengki, ketidakikhlasan dan pembunuhan terjadi. Kisah pembunuhan yang membuat kenapa manusia dikuburkan dan kenapa kecantian begitu penting untuk seorang wanita xD.

Hikmah diantaranya :

  1. Kita hendaklah mempunyai sifat tenggang rasa dan toleransi terhadap sesama manusia terutama keluarga.
  2. Kita hendanya menjauhi sifat iri dan dengki karena iri dan dengki dapat mendorong orang melakukan hal-hal sesat.
  3. Sapi Bani Israil

(Al-Baqarah :67-73)Kisah tentang adanya pembunuhan dikalangan Bani Israil yang tidak diketahui siapa pambunuhnya, yang menyebabkan mereka berselisih, hingga akhirnya mereka mendatangi Nabi Musa. Dengan perintah Allah, Nabi Musa menyuruh mereka mencari seekor sapi yang sesuai dengan seekor sapi yang dimiliki oleh anak yatim piatu. Sapi yang dibeli oleh mereka dengan harga emas seberat massa sapi tersebut. Dengan salah satu potongan daging sapi tersebut yang dipukulkan kepada si Mayit, akhirnya Mayat tersebut hidup kembali dan meberitahu siapa yang telah membunhnya, kemudian mati kembali sebelum Bani Israil sadar dari bengongnya.

Hikmahnya diantaranya  :

Dalam menjalankan perintah Allah hendaknya dengan niat ihlas, penuh semangat, akal fikrn serta melibatkan seluruh jiwa raganya.

  1. Pemuda Penghuni Gua (Ashhabul Kahfi)

(Al-Kahfi : 9-13) Bercerita tentang 7 pemuda yang melarikan diri bersembunyi ke sebuah gua yang dijaga seekor anjing dari hukuman raja Dikyanus yang Dzalim demi menjaga keimanan mereka. Pemuda inipun tertidur selama 309 tahun, setelah memberikan petunjuk kebenaran akan kekuasaan Allah kepada penduduk saat itu, merekapun akhirnya wafat. Di atas gua persembunyian mereka dibangun tempat ibadah.

Salah satu hikmahnya adalah :

Hanya Allahlah yang dapat emmatikan seseorang dan hanya Allah pula yang menghidupkannya kembali.

  1. Musnah Ditelan Banjir

(Huud : 36-39) Kisah tentang Nabi Nuh yang membuat kapal dibantu pengikutnya yangmana dalam kapal itu ditaruh binatang2 berpasangan. Setelah kapal jadi, Allahpun memberikan adzab banjir yang bahkan Nabi Musa tidak bisa menyelamatkan anaknya yang ingkar kepada Allah.

Hikmahnya antara lain :

  1. Meskipun kita sudah berusaha sekuat tenaga, kadang kita mengalami kegagalan. Tapi itu tidak boleh membuat kita lemah dan berhenti melanjutkan usaha kita.
  2. Persaudaraan itu tidak hanya dengan saudara sekandung. Sesungguhnya semua muslim adalah saudara. Kita harus menyayangi dan peduli terhadap sesama muslim.
  3. Hanya Allah yang bisa memberikan Hidayah kepada umatnya.
  4. Dimusnahkan Angin

(Al-Haaqah : 6-8) Kisah tentang kaum ‘Ad yang dianugrahi kemahiran bidang pertanian dan bangunan dengan hasil dan kekayaan melimpah, anugrah yang membuat mereka sombong dan merasa sebagai suku paling tinggia dengan suka membully suku lain yang lewat di kampung mereka. Nabi Hud pun sering menasihati mereka tapi hanya dianggap angin lalu dan ditertawakan oleh mereka. Merekapun mendapatkan adzab angin tornado yang bertiup sangat kencang.

Hikmah :

  1. Janganlah kamu sombong terhadap apa yang kamu miliki. Sesungguhnya semua yang kamu miliki adalah karnia dari Allah yang tidak pantas kamu sombong-sombongkan.
  2. Sesungguhnya jika Allah Yang Maha Kuasa sudah menurunkan Adzab, tidak ada yang mampu terlepas dari adzab itu kecuali orang-orang yang beriman.
  3. Kesabaran Seorang Anak

(Ash Shaffaat : 102-108) Kisah tentang Nabi Ibrahim berserat istrinya Siti Sarah yang tidak bisa memiliki anak, sehingga Siti Sarah merelakan suaminya menikahi budaknya Siti Hajar yang melahirkan Ismail. Tetapi semakin bertambahnya waktu, Siti Sarah merasa cemburu hingga membuat Nabi Ibrahim meninggalkan Siti Hajar di daerah terpencil yang membuat Siti Hajar berlari-lari mencari air hingga terciptanya mata air zam-zam. Tempat inipun menjadi mekkah, setelah beberapa tahun Nabi Ibrahim pun menemui Siti Hajar dan Ismail. Di pertemuan ini Nabi Ibrahim mendapatkan wahyu untuk menyembelih Ismail yang kemudian tergantikan menjadi kambing, hal yang mendasari terjadinya Qurban.

Hikmahnya antara lain :

  1. Kita harus senantiasa bersabar dlaam menghadapi segala cobaan-Nya.
  2. Kita sebagai manusia hendaklah berserah diri atas semua rencana Allah.
  3. Kesabaran Nabi Ayub

(Shaad : 41-44) Kisah Nabi Ayub adalah kisah yang paling aku senangi dari dulu, aku ngefans ma Nabi Ayub :3 Ya Beliau merupakan seseorang yang good heart, good brain, good attitude n good muslim. Bahkan disaat ditempa kemelaratan yang disebabkan oleh permainan setan, tapi Beliau tetap pada ketakwaannya dan yang paling keren itu, beliau sangat mecintai istrinya. Tercermin dari kekhawatirannya saat mau memenuhi sumpahnya untuk mencambuk istrinya sebanyak 10 kali karena telah meninggalkannya disaat sakit terkena bujukan setan, setelah Beliau sembuh. Allah menjawab kegundahan hatinya dengan mewahyukan Beliau untuk mencambuk istrinya dengan seikat rumput. Selain itu disini juga tercermin jika bahkan seorang istri Nabi Ayub yang setia dan berbaktipun dapat terbujuk setan karena merenungi masa lalu yang dari kaya raya, kehidupan enak menjadi berkebalikannya, so hati-hati jangan kebanyakan merenung (peringatan utk diriku sndr terutama xD ).

Hikmah :

Sesungguhnya harta kekayaan dan kesehatan yang kita miliki adalah rahmat dari Allah. Kita harus selalu mensyukuri apa yang kita miliki karena sewaktu-waktu nikmat itu dapat diambil olehNya.

  1. Ditelan Paus

(Ash Shaffaat : 139-148) Kisah tentang Nabi Yunus yang marah dengan kaum Ninawa yang tidak mau mendengarkan ajaanya untuk menyembah Allah, sehingga Beliau berdoa kepada Allah agar penduduk Ninawa dijatuhi hukuman atas perbuatannya dan Beliaupun pergi dari negeri Ninawa. Penduduk Ninawa langusng mendapatkan adzab hawa panas yang membuat mereka semua bertobat dan memohon ampun dengan Allah dan menanyakan keberadaan Nabi Yunus agar dapat memimpin mereka untuk beribadah kepada Allah. Nabi Yunus yang pergipun akhirnya naik kapal yang membuat Beliau harus diterjunkan ke dalam laut dn ditelan ikan paus, selama di dalam perut ikan paus Beliau sadar jika beliau sudah salah dengan penduduk Ninawa. Singat cerita, akhirnya Nabi Yunus kembali ke negeriNinawa dan memimpin mereka di Jalan Allah.

Hikmah :

  1. Hendaknya kita sabar, tidak mudah maraah dan tidak berputus asa dalam menghadapi sebuah cobaan. Sesungguhnya sebuah tindakan yang buru-buru dan dipeuhi amarah akan membuahkan hasil yang tidak baik dan tidak sempurna.
  2. Minta ampunlah kepada Allah dengan tulus ikhlas terhadap kesalahan-kesalahan yang pernah diperbuat. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun.
  3. Nabi Syuaib dan Kaum Madyan

(Huud : 84-87) Kisah tentag Nabi Syuaib dengan kaum Madyan yang suka melebih-lebihkan timbangan (merugikan orang lain) dan membuat kerusakan di muka bumi. Nabi Syuaib tetap sabar dengan penolakan yang diterimaya, hingga kaum Madyan di adzab oleh Allah dengan hawa panas dan Guntur.

Hikmah :

  1. Berbuatlah jujur kepada siapa saja dan dimana saja. Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang jujur.
  2. Janganlah mengambil keuntungan dari orang lain dengan cara yang tidak halal.
  3. Nabi Zakaria dan Nabi Yahya

(Maryam 7-9) Kisah tentang awal mula Nabi Zakaria bisa merawat maryam sebagai anak asuhnya, kisah tentang bagaimana Maryam bia menjadi anak gadis yang tersucikan dan kisah tentang bagaimana akhirnya Nabi Zakaria mendapatkan anak dari istrinya yang sudah tua, Nabi Yahya yang akhirnya terbunuh karena hasutan seorang wanita yang merupakan anak tiri raja yang akan dinikahi oleh raja itu. Nabi Yahya melarang dan menyebarkan fatwa jika menikahi anak tiri seperti itu bertentangan dengan ajaran Nabi Musa (Islam). Setelah Nabi Yahya wafat, Nabi Zakaria pun di incar dan akhirnya terbunuh dengan terotong ketika Beliau lagi bersembunyi di dalam Pohon karena setan membisikkan keberadaan Nabi Zakaria ke seorang prajurit yang mengincarnya.

Hikmah :

Berlomba-lombalah dalam berbuat kebaikan, bukan dalam berbuat keburukan.

 

Demikianlah kisah dan hikmah dari cerita-cerita yang termaktub di dalam Al-Qur’an. Kisah nyata yang bisa kita ambil pelajaran daripadanya. Kisah-kisah yang memberikan pelajaran jika Islam itu agama yang cinta damai dan menebarkan kebaikan walaupun dijahati, membawa cinta kasih dalam meluruskan dan membimbing.

(Al-’Alaq :1-5) Bacalah dengan menyebut nama Tuhanmu yang menciptakan (1) Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah (2) Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah (3) Yang mengajarkan manusia dengan perantara kalam baca-tulis (4) Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya (5).

 

 

Sylvia Octavianti

One thought on “Cerita Al-Qur’an untuk Anak

  1. Pingback: Cerita Al-Qur’an untuk Anak | 7 GUARDIANS BOOKS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s